Berita Pesantren

Beasantri Kaderisasi Cendekiawan Hebat: Peluang Emas Bagi Santri Yang Berprestasi

Di zaman yang semakin modern ini, pendidikan merupakan sesuatu yang tidak boleh diabaikan oleh siapapun. Baik itu tingkat SD, SMP, SMA atau Universitas semua memiliki peran penting dalam keberlanjutan hidup seorang siswa di masa depan. Pondok Pesantren Darul Falah Amtsilati yang terkenal dengan metode praktis membaca kitab kuning terletak di Bangsri, Jepara, Jawa Tengah ini berkomitmen mencetak generasi santri cendekiawan hebat.

1. Mengapa memilih Pondok Pesantren Darul Falah Amtsilati?

Ponpes Darul Falah Amtsilati tidak hanya memberikan pendidikan agama, tetapi juga membentuk karakter santri yang siap menghadapi tantangan masa depan. Dengan metode pembelajaran kompetensi dan kompetisi, santri setiap harinya senantiasa terpacu untuk selalu belajar. Selain itu, ditawarkan berbagai keunggulan dalam metode pembelajaran. Bagi anda yang memiliki cita-cita besar dan ingin mendapatkan pendidikan berkualitas, Pondok Pesantren Darul Falah Amtsilati adalah pilihan yang tepat.       

A. Pendidikan agama yang mendalam

Dalam jenjang pendidikannya, Ponpes Darul Falah Amtsilati menawarkan pendidikan agama yang komprehensif, mencakup berbagai disiplin ilmu agama Islam. Santri dibimbing untuk memahami dan mengamalkan ajaran Islam dengan benar melalui kajian kitab-kitab kuning dan pengajaran dari para asatidz yang berkompeten.

B. Memiliki metode pembelajaran yang inovatif

Pondok Pesantren Darul Falah Amtsilati memiliki berbagai metode pembelajaran yang dirancang untuk memudahkan santri dalam memahami ilmu agama secara efektif:

  • Metode Amtsilati: Metode praktis mendalami Al-Qur’an dan membaca Kitab Kuning yang bisa ditempuh 3-6 bulan.
  • Metode Mausuati: Metode lanjutan Amtsilati untuk memperdalam pemahaman santri terhadap Kitab Kuning.
  • Metode Fathul Ajib: Metode cepat memahami Kitab Fathul Qorib, yang penting untuk memperkaya pengetahuan fiqih.
  • Metode Balaghoty: Metode untuk memahami ilmu Balaghoh dengan cepat dan mendalam.
  • Metode Durrun Syarif: Metode praktis tuntunan menjadi penulis (muallif).
  • Metode Pendidikan Berkarakter: Membentuk santri yang memiliki kemampuan mengambil kebijakan dan solusi ketika menghadapi masalah melalui kitab Tahdzibul Qalbi (Motivasi).
  • Metode Muhadatsati: Metode praktis untuk menguasai bahasa Arab dan Inggris, yang sangat penting dalam era globalisasi.

C. Lingkungan Belajar yang Kondusif

Pondok Pesantren Darul Falah Amtsilati menyediakan lingkungan belajar yang kondusif, dimana santri bisa fokus dalam menuntut ilmu. Fasilitas yang lengkap dan suasana yang mendukung menjadikan proses belajar mengajar lebih efektif dan nyaman.

D. Pengembangan Karakter dan Kepemimpinan

Selain fokus pada pendidikan agama, Pondok Pesantren Darul Falah Amtsilati juga menekankan pentingnya pengembangan karakter dan kepemimpinan. Santri dididik untuk menjadi pribadi yang tangguh, berakhlak mulia, dan memiliki kemampuan memimpin yang baik. Ini dicapai melalui berbagai kegiatan ekstrakurikuler dan program pengembangan diri.

E. Dukungan dari Pengajar dan Alumni

Para pengajar di Pondok Pesantren Darul Falah Amtsilati adalah ulama dan akademisi yang berpengalaman dan kompeten. Mereka memberikan bimbingan yang intensif dan personal kepada setiap santri. Selain itu, jaringan alumni yang luas dan sukses juga menjadi sumber inspirasi dan dukungan bagi santri dalam menggapai cita-cita mereka.

2. Program Unggulan Beasantri Kaderisasi Cendekiawan

Dalam rangka membentuk Cendekiawan Hebat dari kalangan santri, Ponpes Darul Falah Amtsilati menginisiasi program “Beasantri Kaderisasi, Santri Cerdas Indonesia emas”. Program ini menawarkan beberapa kategori Beasantri yang bertujuan untuk mendukung pendidikan dari santri yang berpotensi dan berprestasi.

A. Kategori Beasantri

1. Subsidi Pendaftaran Pondok 30% (35% Khusus Lulusan Amtsilati Cabang)
Subsidi pendaftaran pondok 30% bagi pendaftar baru (bukan dari pondok cabang), sedangkan subsidi 35% bagi pendaftar dari lulusan pondok cabang.

2. Beasantri Pendidikan (Kategori Umum)
Pada Beasantri ini, santri bisa memilih untuk melanjutkan study Pasca Amtsilati, melanjutkan pendidikan Pascasarjana S2 di Ma’had Aly Amtsilati atau Subsidi pendidikan luar negeri.

3. Study Tour Luar Negri (Kategori Umum)
Kesempatan untuk Umroh dan mengikuti program dauroh Yaman serta program lainnya.

B. Jalur Beasantri
Jika ingin mendapatkan beasantri, santri bisa memilih beberapa cara seperti:

  • Lulus seleksi santri cerdas (lulus seleksi tes tulis, lisan, dan IQ)
  • Melalui prestasi (Bidang Akademik),
  • Tahfidz (Minimal 5 Juz)  
  • Lulusan Amtsilati cabang dengan menunjukkan sertifikat atau bukti lulus dari cabang Amtsilati.

C. Sistem Seleksi
Untuk pelaksanaan tes seleksi, tes ini akan dibagi menjadi 3 tes, yakni:

  • Tes Tulis (Basis Komputer)
  • Tes Hafalan (Surat Pendek dan Khulasoh Amtsilati) dan
  • Tes IQ (Intelligence Quotient)

D. Waktu Seleksi
Adapun waktu pendaftaran dan seleksi Beasantri Kaderisasi ini akan berlangsung pada tanggal 27 Juni 2024 sampai 5 Juli 2024 untuk gelombang pertama.

E. Alur Seleksi

  • Mendatangi petugas informan di tempat pendaftaran santri baru
  • Menuju tempat seleksi beasantri
  • Menuju tempat pendaftaran dengan membawa surat keterangan seleksi beasantri

Beasantri ini dibuka untuk usia setara MI, MTS, dan MA

Info lebih lanjut hubungi Kominfo Amtsilati Putra +6281392275877

Pondok Pesantren Darul Falah Amtsilati adalah tempat yang tepat bagi para santri yang memiliki cita-cita besar dan ingin mendapatkan pendidikan berkualitas. Dengan metode pembelajaran yang inovatif, dukungan beasantri, lingkungan belajar yang kondusif, dan fokus pada pengembangan karakter, pondok pesantren ini menyediakan segala yang dibutuhkan untuk mengembangkan potensi diri secara optimal. Raihlah kesempatan emas ini dan jadilah bagian dari generasi cendekiawan hebat yang siap mengubah dunia.