Berita PesantrenUncategorized

Prof. Dr. Adil Hasan Thoha Sudan ; Saya Kagum Dengan Amtsilati

Jepara – Amtsilati Pusat
Dalam acara Widodari 1.1 (Wisuda Ponpes Darul Falah Amtsilati) pada Sabtu, 09 Maret 2024 kemarin, turut diundang yakni Prof. Adil Hasan Thoha, MA dari Sudan. Prof. Dr. Adil meraih gelar doktor dalam linguistik Fakultas Sastra dari Universitas Khartoum pada tahun 2016 menandai awal dari perjalanannya yang penuh prestasi. Dengan pengalaman akademis lebih dari 25 tahun, Prof. Dr. Adil telah mencapai pangkat Associate Proffesor dari Universita Al-Salam dimana ia juga mendirikan dan menjadi direktur pusat bahasa arab untuk penutur bahasa lain. Prof. Dr. Adil dengan antusiasme tinggi terus berupaya memperluas wawasannya. Dan saat ini ia tengah fokus menggeluti penulisan tesis doktoral keduanya tentang “Pengajaran Bahasa Arab Kepada Non Penutur Asli” di Insitut Internasional Bahasa Arab Khartoum. Hal ini menunjukkan komitmen mendalamnya terhadap pengembangan ilmu dan pemahaman lintas budaya.

Saat ini ia menjadi dosen pendidikan bahasa arab pascasarjana di Insitut Matholi’ul Falah Kajen Pati serta menjadi pembimbing tesis dari Nur Kholis yang merupakan alumni Ma’had Aly Amtsilati dan Gus K.H. Rizqi Al-Mubarok putra mahkota dari K.H. Taufiqul Hakim yang kini sedang duduk di bangku pasca sarjana di Insitut Matholi’ul Falah Kajen Pati (IPMAFA).

Kunjungan Prof. Dr. Adil ke Indonesia ini dalam rangka kunjungan ke Pascasarjana Institut Pesantren Mathali’ul Falah Kajen Pati, Jawa Tengah selama 1 semester (4 bulan). Namun, Alhamdulillah Prof. Dr. Adil memberikan kesempatan waktunya untuk mengajar di Ponpes Darul Falah Amtsilati selama beberapa bulan kedepan setelah sebelumnya mengisi seminar di Ma’had Aly Amtsilati.

“Saya datang ke Indonesia, untuk mengajar bahasa arab selama 4 bulan di beberapa universitas, dan seminar keilmuan bahasa arab. Sesuai yang disampaikan oleh Syech Taufiqul Hakim tadi, Insya Allah saya akan mengajar disini selama beberapa hari pada bulan Ramadhan” ujar Prof. Dr. Adil dalam sambutannya pada acara Widodari 1.1 (09/03/24)

Saya kagum dengan karya-karya beliau, seperti kitab Baiti Jannati, kewajiban anak kepada orang tua, dan kepada orang lain. Saya juga kagum pada metode Amtsilati, yaitu metode pembelajaran ilmu alat dengan contoh-contoh yang mudah dipahami.

Saya sebagaimana telah mengajar di berbagai macam perguruan tinggi, mereka kendalanya kesusahan dalam mempelajari ilmu bahasa arab, dengan adanya Amtsilati merupakan metode yang bagus untuk para mahasiswa yang ingin menguasai bahasa arab. Metode Amtsilati ini adalah metode pertama untuk mempelajari bahasa arab. Banyak mereka yang lain fokus menghafal kaidah-kaidah nahwu, namun tidak paham menggunakan kaidahnya seperti apa.

Terakhir, saya mengharap keberkahan, manfaat dari pondok ini, dan kepada Syech Taufiqul Hakim Al-Hajj” pungkas beliau dalam sambutan pada Widodari 1.1.

Alhamdulillah pada Kamis, 21 Maret 2024 Prof. Dr. Adil sudah mengisi Muhadhoroh Ammah bersama santri asrama Tasawwuf dan Darussalam. Kemudian pada Sabtu, 23 Maret 2024 Prof. Adil kembali mengisi di asrama Iliyyin Pasca Amtsilati, dengan mutarjim beliau yakni Abi Hegar Cikal Wiguna asatidz dari Ponpes Darul Falah Amtsilati. Selanjutnya Prof. Dr. Adil kembali mengisi di Ponpes MI Tahfidzul Qur’an Amtsilati bersama Gus K.H. Rizqi Al-Mubarok. Semoga dengan hadirnya Prof. Dr. Adil ke Ponpes Darul Falah Amtrsilati bisa meningkatkan keilmuan bahasa arab para santri dan menyambung tali silaturrahmi.

Biodata Prof. Dr. Adil Hasan Thoha

Nama : Prof. Dr. Adil Hasan Thoha
Kebangsaan : Sudan
Bekerja di : Universitas Al-Salam
Pengalaman : 25 Tahun
Pangkat Akademis : Associate Profesor
Spesialisasi : Bahasa Arab

Gelar Ilmiyah

A. Doktoral
– Doktoral di bidang Linguistik Fakultas Sastra Universitas Khartoum 2016
– Doktoral ke-2 tentang pengajaran bahasa arab kepada non-penutur asli di Insitut Internasional Bahasa Arab Khartoum. (Sedang falam penyelesaian penulisan program doktoral)

B. Magister
– Magister Bahasa Arab, Fakultas Sastra, Universitas Khartoum, 2004
– Magister Pengajaran Bahasa Arab kepada Penutur Non-Arab, Insitut Bahasa Arab Internasional Khartoum 2017

C. Sarjana
– Sarjana Pendidikan Bahasa Arab, Fakultas Sastra Univeritas Khartoum, 1996

Pengalaman Ilmiyah

1. Pendiri dan Direktur Pusat Bahasa Arab untuk Penutur Bahasa Lain Universitas Al-Salam dengan pangkat Dekan dari tahun 2021 sampai sekarang.
2. Direktur Pendiri Departemen Arabisasi, Penerjemahan dan Penerbitan Universitas Al-Salam, dengan pangkat Dekan 2016.
3. Direktur Kantor Tindak Lanjut Universitas Al-Salam di Khartoum dengan pangkat Dekan sejak tahun 2014 sampai dengan 2015.
4. Direktur Pendiri Media dan Humas Universitas Al-Salam dengan pangkat Dekan tahun 2009 sampai tahun 2015
5. Pemimpin Redaksi Al-Salam University Journal, jurnal ilmiah peer-review, dari tahun 2013 hingga 2015.
6. Anggota pendiri dan sekretaris editorial Jurnal Universitas Al-Salam, jurnal ilmiah yang ditinjau oleh rekan sejawat 2011 sampai tahun 2013.

Keanggotaan Komite dan Dewan Ilmiyah

1. Anggota dewan ilmiah dan penasihat Majalah Al-Arabi, مجلة محكمة yang diterbitkan oleh Departemen Bahasa Arab, Universitas Negeri Malang, Indonesia sejak tahun 2022 Masehi.
2. Anggota Komite Ilmiah dan Penasihat Jumal Kajian Sains Islam yang diterbitkan oleh Universitas Al-Our’anul karim wa ta silil Ulum Sudan, bekerjasama dengan Pusat Penelitian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia “Rammah”, Yordania sejak terbitan pertama pada Januari 2021.
3. Anggota dewan ilmiah dan penasihat Jurnal Penelitian Wamis Al-Fikr, مجلة محكمة Lebanon sejak tahun 2021.
4. Anggota Komite Ilmiah Konferensi Morfologi Arab dalam Pemikiran Linguistik Modern yang diselenggarakannya Laboratorium Praktik Linguistik di Universitas Mouloud Mammeri, Tizi Ouzou, Aljazair, 2021.
5. Anggota Komite Ilmiah Ilmu Sosial dan Manusia dalam Konferensi Kehidupan Nyata, yang diselenggarakan oleh Pusat Penelitian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (Ramah), Yordania, bekerja sama dengan Universitas Administrasi dan Sains Modern, Lebanon, 2021 M.
6. Anggota dan peneliti di Platform Peneliti dan Akademisi – IFAD Yordania sejak tahun 2021.
7. Anggota Dewan Dekan Universitas Al Salam tahun 2009 sampai dengan tahun 2016.
8. Anggota Panitia Pengangkatan Fakultas Universitas Al Salam dari tahun 2011 sampai dengan tahun 2015.
9. Anggota Komite Retensi Fakultas Universitas Al Salam dari tahun 2011 sampai 2015.
10. Anggota kelompok penelitian di Akademi Bahasa Arab, Sudan sejak tahun 2018.
11. Anggota dan pelapor Dewan Perencanaan Strategis di Universitas Al-Salam dari 2011 hingga 2015.
12. Anggota Panitia Penyusunan Peraturan Sekretariat Perpustakaan Universitas Al Salam – 2010.

Sebagai Reviewer Jurnal Ilmiah bersertifikat :

1. Majalah Flash of Thought, diterbitkan oleh National Society for Culture and Development, Lebanon.
2. Journal of Linguistic Plactices diterbitkan oleh Laboratorium Praktik Linguistik di Universitas Mouloud Mammeri Tizi Ouzou, Aliazair.
3. Majalah College of Education yang diterbitkan oleh College of Education di Al Salam University, Sudan.

Sebagai Konferensi Ilmiah :

1. Konferensi Virtual, Pengajaran Babasa dan Sastra Arab kepada Penutur Non-Pribumi di Era Digital: Prospek dan Tantangan, Universitas Negeri Malaji, Indonesia, 2022 Masehi.
2. Konferensi Internasional Kelima tentang Pengajaran Bahasa Arab kepada Penutur Bahasa Lain, Akademi Pendidikan dan Pelatihan Internasional Arab, Mesir, 2022 M.
3. Konferensi Virtual tentang Penggunaan Teknologi Modern dalam Linguistik, Sastra dan Pengajaran Bahasa Arab,” Universitas Negeri Malaji, Indonesia, 2022 M.
4. Konferensi virtual tentang bahasa Arab dan nilai-nilai kemanusiaan, Mohammed bin Zayed University for Humanities, UEA, 2022 M.
5. Konferensi virtual tentang praktik kepemimpinan pendidikan di masa sulit, Universitas Sultan Qaboos, Kesultanan Oman, 2021 M
6. Forum Internasional Kedua untuk Pengajaran Bahasa Arab kepada Non-Penutur Asli, Akademi Pendidikan dan Pelatihan Internasional Arab, Mesir, 2021 M
7. Konferensi virtual pengajaran bahasa Arab di abad kedua puluh satu, Universitas Nasional Malaysia, Malaysia, 2021 M.
8. Konferensi Virtual: Tren Modern dalam Ilmu Pendidikan, Universitas Hail, Arab Saudi, 2021 M.
9. Konferensi Virtual tentang Teknologi Pendidikan dan Teknologi E-Leaming ke-9, Dewan Emas Internasional untuk Pelatihan, Mesir, 2021 M.
10. Konferensi Virtual: Pandemi dan dampaknya dalam sastra Arab, Universitas Kalikut, India, 2021 M.
11. Konferensi virtual tentang peran penelitian ilmiah dan pendidikan dalam melayani masyarakat, Pusat Akademik Konferensi dan Penerbitan Ilmiah, 2021 M.
12. Konferensi virtual: Pembangunan dan pendidikan berkelanjutan adalah kekuatan bagi individu dan masyarakat di era transformasi digital, Universitas Basta, Trak, 2021
13. Konferensi Internasional Komunikasi Budaya ke-13… Prospek dan Capaian -Universitas Ain Shams, Mesir, memaparkan penelitian berjudul: Strategi Modern dalam Pengajaran Bahasa Arab kepada Penutur Bahasa Lain, 2018 Masehi.
14. Konferensi internasional pengajaran bahasa Aratuxepada non-penutur asli, Suez Canal University, Mesir, memaparkan penelitian berjudul Linguistic Planning in theArab Countries, 2017 AD.
15. Konferensi Internasional Arab Keenam tentang Penjaminan Mutu Pendidikan Tinggi, Asosiasi Universitas Arab bekerjasama dengan Universitas Sains dan Teknologi Sudan, Sudan, 2016.
16. Konferensi Kurikulum Internasional Pertama, Universitas Laut Merah, Sudan, 2015 Masehi.
17. Konferensi Kurikulum Universitas Rooting, Universitas Al-Qur’an dan Ilmu Rooting, Sudan, 2015 M.

Kursus Pelatihan

1. Lokakarya Ilmiah Virtual tentang metode penulisan penelitian ilmiah menggunakan kecerdasan buatan, IPAD Platform for Researcher and Academics, Yordania, 2022M.
2. Lokakarya pelatihan virtual tentang penulisan penelitian dan plagiarisme, platfrom “IPAD” untuk peneliti dan akademisi, Yordania, 2022 M.
3. Kursus pelatihan virtual tentang keterampilan peneditan ilmiah untuk penelitian di jurnal ilmiah yang ditinjau sejawat, Goals International Academy for Education and Training, 2022 AD.
4. Lokakarya ilmiah virtual tentang kerangka acuan pengajaran bahaga Arab kepada peratur balaga lain, Pusat Pendidikan Bahasa Arab Megara nagaa Telak, Sharjah, 2022 M.
5. Kuliah ilmiah virtual: “Kompetensi apa saja yang dibuthkan merjadi guru bags peratur non Arab?”, Platform “IPAD” untuk Peneliti dan Akademisi, Yordania, 2022 M.
6. Kuliah ilmiah virtual Masalah Kontempore dan Prospek Penslitian Ilmiak”, Platform “IPAD” untuk Peneliti dan Akademisi, Yordania, 2022 M
7. Kuliah imiah virtual pemilisan dan penebitan artikel ilmiah di database Scopus, platform “IPAD” untuk peneliti dan akademist,
8. Kuliah ilmiah virtual: Ruang penalitian dan metodologi analisis, platfor “IPAD” unbuk peneliti dan akademisi, Yordania, 2022 M.9.  Kuliah ilmiah vatual tentang metode penabitan ilmiah, platform “IPAD” untuk peneliti dan academisi, ordania, 2022 M.
10. Kuliah imiah virtual tentang penelitian ilmiah, moderritas dan seterustya, platform “IPAD” untuk peneliti dan akademisi, Yordania, 2022 M.
11. Kuliah ilmiah virtual, konferengi ilmiah dan makalah penslitian, platform “IPAD'”untuk peneliti dan akademisi.
12.  Kuliah ilmiah virtual tentang penalitian ilmiah, eksperimen, pembelajaran dan sorctan, platform “TPAD” untuk pereliti dan akademisi.
13. Kuliah ilmiah virtual, Studi Masa Depan dalam Penelitian Ilmiah, Platform “IPAD” untuk Penaliti dan Akademasi, Yordania, 2022. M.
14. Kuliah ilmiah virtual tentang penelitian ilmiah dan pengalaman ilmuwan, platform “IPAD” untuk peneliti dan akademisi.
15. Simposium ilmiah virtual tentang keunggulan administrasi dalam sistem kerja akademik, Masyarakat Ilmiah untuk Pendidikan Berkualitas dan Akreditasi Akademik Yordania, 2022 M.
16. Kuliah ilmiah virtual tentang supervisi pendidikan, visi obyektif, platform “IFAD” bagi peneliti dan akademisi, Yordania, 2022 M.
17. Kursus virtual harmonisasi kurikulum sesuai tren modern, Universitas Imam Muhammad bin Saud, Arab Saudi, 2022 M.
18. Kuliah ilmiah virtual, penelitian tindakan, rumusan masalah
Subyek penelitiannya adalah platform “IFAD” untuk peneliti dan akademisi, Yordania, 2022 M.
19. Lokakarya pelatihan virtual: Pencurian ilmiah dalam penelitian – konsep dan mekanismenya Control platform bagi peneliti dan akademisi “IFAD”, Yordania, 2022 M.
20. Simposium ilmiah virtual puisi arab dalam lingkup disiplin ilmu, platform Arid, Malaysia, 2022 M
21. Lokakarya pelatihan virtual tentang standar internasional dalam akreditasi spesialisasi keilmuan Universities”, platform bagi peneliti dan akademisi “IFAD”, Yordania, 2022 M.
22. Simposium Ilmiah Virtual tentang Metode Persiapan dan Metodologi Penelitian Ilmiah, Universitas King Saud, Riyadh, 2022 M.
23. Kuliah ilmiah virtual tentang dasar-dasar penelitian pada platform Scopus dan analisis data, platform “IFAD” untuk peneliti dan akademisi, Jordan, 2022 M.
24. Simposium ilmiah virtual tentang penggunaan teknologi modern dalam pengajaran dan pembelajaran bahasa Arab,” Pusat Pendidikan Bahasa Arab untuk Negara-negara Teluk, Sharjah, 2022 M. 25 kuliah ilmiah virtual tentang penulisan linguistik dalam penelitian ilmiah,” “IFAD” platform untuk peneliti dan akademisi, Yordania, 2022 M.
26. Kuliah ilmiah virtual tata bahasa Alquran,” Arid platform, Malaysia, 2022 M.
27. Kuliah ilmiah virtual membahas tesis ilmiah – prinsip dan prinsip, platform “IFAD” untuk peneliti dan akademisi, Yordania, 2022 M.
28. Simposium ilmiah virtual, program pengajaran bahasa Arab kepada non-penutur asli”, Pusat Pendidikan Bahasa Arab untuk Negara-negara Teluk, Sharjah, 2022 M.
29. Kuliah ilmiah virtual, tahapan supervisi ilmiah, platform “IFAD” bagi peneliti dan akademisi, Yordania, 2022 M.
30. Kuliah ilmiah virtual: Bagaimana memilih jurnal ilmiah untuk mempublikasikan penelitian ilmiah Anda, platform peneliti dan akademisi “IFAD”, Yordania, 2022 M.
31. Kuliah ilmiah virtual: “Memperoleh pengetahuan dan cara berinvestasi di dalamnya,” platform “IFAD” untuk peneliti dan akademisi, Yordania, 2022 M.
32. Simposium Ilmiah Virtual Penelitian Ilmiah Linguistik dan Sastra Arab, Orisinalitas dan Inovasi, Universitas Negeri Malagi, Indonesia, 2021 Masehi.
33. Simposium Ilmiah Virtual: Peran Bahasa Arab dalam Renaisans Ilmiah di Era Transformasi Digital”, platform “Areed”, Malaysia, 2021 M.
34. Simposium ilmiah virtual “Mengembangkan penerbitan ilmiah di dunia Arab, mengusulkan solusi ilmiah”, platform “IFAD” untuk peneliti dan akademisi, Yordania, 2021 M.
35. Lokakarya pelatihan virtual tentang budaya penerbitan di jurnal yang terindeks dalam database Scopus, platform “IFAD” untuk peneliti dan akademisi, Yordania, 2021 M.
36. lokakarya pelatihan virtual tentang membangun standar evaluasi kinerja siswa dan pelaksanaan ujian, Unit Pendidikan Berkelanjutan, Sekolah Tinggi Seni Rupa, Universitas Bagdad, Irak, 2021 M.
37. Simposium ilmiah virtual, evaluasi tesis universitas, landasan metodologis dan kognitif, Konferensi Zia dan Pusat Penelitian, 2021 M.
38. workshop pelatihan virtual, metode publikasi ilmiah di jurnal ilmiah, contoh terapan di jurnal Scopus, platform “IFAD” untuk peneliti dan akademisi, Jordan, 2021 M.
39. Lokakarya virtual internasional: Akreditasi akademik internasional dan lokal, sifat dan pentingnya, Pusat Pengembangan Strategis Akademik bekerja sama dengan Universitas Al Ain, UEA, 2021 M.
40. Lokakarya virtual, pengalaman internasional yang sukses dalam pendidikan jarak jauh sehubungan dengan pandemi Corona,” Pusat Akademi untuk Konferensi dan Penerbitan Ilmiah, Malaysia, 2021 M.
41. Kursus virtual: Tantangan pengajaran bahasa kedua atau bahasa asing di tengah pandemi Corona – Al-Resala Institute, Indonesia, 2021 M.
42. Kursus virtual peningkatan motivasi belajar, King Khalid University, Arab Saudi, 2021 M. 43 Lokakarya virtual tentang e-learning dan blended learning, Unit Pendidikan Berkelanjutan, Sekolah Tinggi Seni Rupa, Universitas Bagdad, Irak, 2021 M.
44. lokakarya pelatihan virtual tentang aturan penerbitan ilmiah dan standar klasifikasi internasional, yang diselenggarakan oleh Asosiasi Internasional Departemen Bahasa Arab, Lebanon, dari tanggal 30 Januari hingga 6 Maret 2021 Masehi.
45. kuliah virtual tentang manajemen mutu komprehensif di institusi pendidikan tinggi, Arad Educational Platform, Malaysia, 2021 M.
46. Kuliah virtual tentang masalah konsep dan terminologi dalam penelitian ilmiah – Platform “IFAD” untuk peneliti dan akademisi, Yordania, 2021 M.
47. Kursus virtual tentang keterampilan verifikasi naskah, Goals International Academy for Education and Training, Bahrain 2021 AD.
48. Kuliah virtual Karakteristik dan Keterampilan Penulisan Ilmiah Bahasa Arab, Platform “IFAD” untuk Peneliti dan Akademisi, Yordania, 2021 M.
49. Kuliah ilmiah virtual tentang pendidikan dan klasifikasi global, Unit Pendidikan Berkelanjutan, Sekolah Tinggi Seni Rupa, Universitas Bagdad, Irak, 2021 M.
50. Kuliah ilmiah virtual tentang sastra Uni Emirat Arab – Masyarakat Perlindungan Bahasa Arab, Emirates 2021 M.
51. Kuliah ilmiah virtual, e-learning di bawah karantina, kebutuhan, positif dan negatif – Asosiasi Arab-Afrika, Swedia, 2021 M.
52. Kuliah ilmiah virtual “Tantangan dan Solusi Penelitian Ilmiah” – Platform “IFAD” untuk Peneliti dan Akademisi, Yordania, 2021 M.
53. Kursus virtual tentang keterampilan penerbitan ilmiah – Goals International Academy for Education and Training Bahrain 2021 AD.
54. Simposium ilmiah virtual: Mengembangkan penerbitan ilmiah di dunia Arab, mengusulkan solusi ilmiah – platform “IFAD” untuk peneliti dan akademisi, Yordania 2021 M.
55. Kursus virtual statistik terapan dalam ilmu pengetahuan manusia menggunakan program SPSS, lokakarya “Teknik Penggunaan Dinding Elektronik Interaktif” – platform “IFAD” untuk peneliti dan akademisi, Yordania, 2021 M.
56. Lokakarya Teknik Penggunaan Dinding Elektronik Interaktif dan Akademisi “IFAD”, Jordan, 2021 M. Platform peneliti
57. Kuliah ilmiah virtual, arbitrase penelitian dan diskusi disertasi”, platform “IFAD” untuk peneliti dan akademisi, Yordania, 2021 M.
58. Kuliah ilmiah virtual: Rahasia Penerbitan Ilmiah – Platform “IFAD” untuk Peneliti dan Akademisi, Yordania, 2021 M.
59. Kursus Virtual Pengajaran Pola Penyimpangan dan Koreksi Linguistik Bahasa Kedua atau Asing,” Lembaga Studi dan Pelatihan Bahasa Arab Al-Resala, Indonesia, 2021 M.
60. Kuliah ilmiah virtual tentang kinerja pendidikan di universitas dan dampaknya terhadap penelitian ilmiah,” platform “IFAD” untuk peneliti dan akademisi, Yordania, 2021 M.
61. Kursus virtual: “Bagaimana menjadi menonjol dalam mempersiapkan studi lapangan?”, Goals International Academy for Education and Training Bahrain 2021
62. Lokakarya virtual keterampilan membaca dan menulis serta strategi pengajarannya kepada penutur non-Arab, Lembaga Studi dan Pelatihan Bahasa Arab Al Resala, Indonesia, 2021 M.
63. Lokakarya virtual: Pengalaman internasional yang sukses dalam pendidikan jarak jauh dan tantangannya dalam menghadapi pandemi Corona, Pusat Akademik untuk Konferensi dan Penerbitan Ilmiah, Malaysia, Maret 2021 M.
64. Kuliah Ilmiah Virtual Istilah Antara Pembelajaran Linguistik dan Kritis, Sekolah Tinggi Pendidikan Dasar Universitas Kufah, 2021 M.
65. Kursus virtual “Keterampilan Penerbitan Ilmiah Profesional dan Standar Klasifikasi Internasional”, Goals International Academy for Education and Training, Bahrain 2021 M.
66. Kursus “Meningkatkan Kualitas Pendidikan”” yang diselenggarakan oleh Uni Eropa bekerja sama dengan Organisasi Pendidikan Perancis dan Kementerian Pendidikan Tinggi dan Penelitian Ilmiah Sudan, Khartoum, 2020 M.

Penelitian yang dipublikasikan

  1. Penelitian berjudul: Grammarians’ Opini on Poetic Needs, dimuat dalam Arab Journal for Scientific Publishing, Yordania, edisi 28 Februari 2021 M.
  2. Penelitian berjudul: Bahasa kutu – studi tata bahasa, Jurnal Fakultas Seni, Universitas Khartoum, Sudan, diterima untuk dipublikasikan.
  3. Penelitian berjudul: Al-Suyuti, Kehidupannya dan Pandangan Tata Bahasanya, Jurnal Universitas Terbuka Sudan, Sudan, diterima untuk dipublikasikan.
  4. Penelitian berjudul: Fragmen Kehidupan Imam Al-Suyuti, dimuat dalam majalah New Ideas terbitan Sudan Intellectual Works Authority, 2007 M.

Keanggotaan Federalisme

  1. Anggota Persatuan Umum Penulis Sudan sejak tahun 2004.
  2. Anggota Persatuan Umum Jurnalis Sudan sejak 2013 Masehi.