PONDOK PESANTREN DARUL FALAH PUTRI

Ekstrakurikuler adalah kegiatan yang dilaksanakan setiap satu minggu sekali sebagai wadah untuk mengembangkan dan menemukan bakat santri yang terpendam, juga menemukan kader-kader baru. Disini, santri bebas untuk memilih salah satu dari berbagai ekstra yang telah tersedia. Dalam 3 bulan sekali akan diadakan pergantian atau perputaran ekstra yang memberi peluang bagi santri untuk berpindah ekstra agar santri tidak merasa jenuh dan bosan. Berikut  adalah daftar ekstra yang tersedia di pondok pesantren putri darul falah.

  • EKSTRAKULIKULER MC & PIDATO

Adalah sebuah wadah pengembangan potensi santri dalam public speaking. Pada ekstrakulikuler ini santri bukan hanya diajarkan Pidato dan MC pada umumnya, para santri yang mengikuti ekstrakulikuler ini nantinya akan dilatih untuk penampilan event-event pondok seperti Lughoh Kubro, Maulid, Isra Mi’raj bahkan Wisuda.

  • PBB

Pelatihan Baris Berbaris, pondok ini bukan hanya mengajarkan santri terampil dalam bidang keagamaan, tapi juga dalam kegiatan fisik guna menanamkan kebiasaan tegas, tangkap, dan disiplin juga penuh tanggung jawab.

  • TARI

Tari, tentunya ekstrakulikuler ini ditujukan agar santri tetap mengenal tradisi nusantara, juga mengembangkan potensi terpendam yang dimiliki para santri.

  • REBANA

Rebana, sepertinya sudah tidak asing lagi ditelinga dunia pesantren. Rebana pondok Darul Falah ini sudah tidak diragukan lagi kehebatannya, bisa kita lihat beberapa penghargaan dalam perlombaan yang sudah diraih oleh El-Falah baik putra maupun putri. Dari tim inti Rebana El-Falah dibagi lagi dengan ekstrakulikuler dua srama yaitu Pasca dan Takhossus, untuk menambah personil santri yang bisa terus melanjutkan tradisi ulama-ulama terdahulu.

  • KALIGRAFI

Ekstrakulikuler kaligrafi merupakan salah satu ekstra yang sangat di geluti oleh sebagian santri putri Darul Falah Amtsilati. Ekstrakulikuler kaligrafi bertujuan untuk menunjang bakat dan kreatifitas santri santri yang memiliki basic dalam menulis khot arab yang baik dan benar. Tidak di khususkan kepada santri yang mempunyai skill saja, ekstrakulikuler ini juga bertujuan untuk melatih santri dari nol. Adanya ekstrakulikuler ini memiliki manfaat yang besar bagi pondok, salah satu contohnya sebagai penulisan ijazah wisudawan dan wisudawati pondok pesantren darul falah amtsilati.

  • HEALTHY BEAUTY

Sebagai wanita, sudah sepantasnya bagi kita untuk menjaga dan merawat diri, baik dari luar maupun dalam. Ekstrakulikuler healty beauty termasuk ekstra yang baru diadakan di pondok pesantren darul falah putri. Ekstra ini juga termasuk yang di geluti di pondok pesantren karena cara kerjanya yang unik dan asyik. Bereksperimentasi dan mencoba membuat masker wajah dari bahan bahan alami, mempelajari bahan bahan yang terdapat pada kosmetik yang biasa di gunakan santri putri, membedakan kosmetik yang memiliki bahan kimia yang dapat membahayakan bagi wajah, dan belajar merawat diri mulai dari makan teratur, mandi teratur sampai waktu mengganti pakaian yang baik.

  • ENGLISH CLUB

Sesuai dengan namanya, dalam ekstra ini santri di latih untuk menjadi ahli dalam berbahasa asing yang sudah menjadi Bahasa internasional ini. Tidak hanya mengerti dan memahami saja, tapi juga menguasai dan memahami bagaimana cara pengucapan dan pelafalan Bahasa inggris yang baik dan benar. Ekstra ini cocok sekali untuk santri yang memiliki minat tinggi dalam mempelajari Bahasa inggris. Karena selain pandai bercakap, santri sesekali diminta untuk berpidato dalam Bahasa inggris.

  • SSA (Sekolah Sepak Bola Amtsilati)

Sepak bola sudah menjadi salah satu cabang olahraga yan digemari oleh banyak orang yang salah satunya adalah santri, maka pondok juga menyediakan wadah bagi yang ingin mengembangkan keahliannya bermain sepak bola, yaitu dengan mendirikan organisasi SSA.

  • Badmiton

Tidak sedikit santri yang memang dari sebelum mondok sudah lihai ataupun sering bermain bulu tangkis dan ketika ia melanjutkan pendidikannya ke pondok pesantren ia tidak tau kemana akan meningkatkan bakatnya. Maka diadakanlah ekstrakulikuler badminton agar para santri tetap bisa meningkatkan minat dan bakatnya.

  • Pencak Silat

Keberanian mental sudahlah menjadi hal yang wajib dilatih bagi siapa saja. Pencak silat menjadi ekstrakulikuler yang ada di PonPes Darul Falah sebagai sarana untuk meningkatkan mental para santri. Ada tiga perguruan silat yang ada di Darul Falah, yaitu Pagar Nusa, Kembang Setaman, Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT).

  • STA (Sepak Takraw Amtsilati)

Olahraga bola rotan ini merupakan ekstrakulikuler yang digeluti santri Darul Falah sebagai penghibur juga peningkat bakat. Ekstrakulikuler ini juga telah melahirkan atlet-atlet yang telah memenangkan beberapa pertandingan.