Madrasah Ibtidaiyah (MI) Tahfidzul Qur’an Amtsilati adalah jenjang pendidikan dasar pada pendidikan formal setingkat sekolah dasar yang berada dibawah naungan Yayasan Darul Falah Amtsilati Bangsri , Kabupaten Jepara.

Sejarah berdirinya Madrasah Ibtidaiyah ini bermula dari  adanya  SMP IT (sekarang menjadi Mts Amtsilati ) sebagai jenjang pendidikan formal paling bawah dipondok. Pengasuh  (KH. Taufiqul Hakim) berkeinginan  membangun  sebuah  sekolah yang setara dengan Sekolah Dasar (SD) yang berbasis hafalan Al-Quran. Setelah melalui proses yang panjang, akhirnya pada tahun 2011 didirikanlah MI Tahfidzul Qur’an Amtsilati dengan kepala sekolah pertama Bapak Suliyanto. Ditahun yang sama Surat Keputusan (SK) keluar dari Kementrian Agama pada bulan Maret 2011. Tahun pelajaran pertama 2011-2012 dengan 2 guru dan 15 murid. Seiring berjalannya waktu, hingga saat ini jumlah siswa telah mencapai 124 murid. Respon masyarakat terhadap sekolah ini sangat antusias sekali, dikarenakan banyak orang tua yang ingin anaknya sekolah sekaligus menghafal Al-Qur’an.

Untuk masalah kurikulum, MI Tahfidzul Qur’an Amtsilati mengikuti kurikulum yang telah diatur oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan yaitu kurikulum 2013. Tetapi ada tambahan program untuk siswa kelas 5 dan kelas 6 yaitu tambahan untuk mempelajari metode Amtsilati.

Visi
KUSYUQ  BerDOA
Kreatif, Unik, Ulet, Syukur, BerDisiplin, BerOrganisasi, BerAkhlaqul Karimah.

Misi
-Menjalankan kebijakan pemerintah dalam bidang pendidikan guna tercapainya tujuan pendidikan Nasional.
-Melaksanakan pembelajaran yang kreatif dan pendampingan secara efektif sehingga setiap peserta didik dapat berkembang secara optimal, unggul dalam prestasi keagamaan, dan unggul dalam keterampilan sebagai bekal hidup di masyarakat.
-Mencetak generasi yang hafal Al-Quran, paham Al-Quran, dan berakhlaq Al-Quran.
-Menumbuhkan penghayatan dan pengamalan ajaran Islam ala Ahlussunnah Wal Jama’ah sehingga peserta didik menjadi tekun beribadah, jujur, disiplin, sportif, tanggung jawab, percaya diri, hormat pada orang tua dan guru, serta menyayangi sesama .