Pondok Pesantren Darul Falah memiliki beberapa sarana dan prasarana yang bisa dibilang sudah mulai berkembang bagi Pondok Pesantren yang masih berusia 19 tahun. Pondok Pesantren Darul Falah masih dalam tahap pembangunan dan masih banyak yang perlu dilakukan demi tercapainya kenyamanan dalam menjalankan aktifitas keseharian Pondok Pesantren. Berikut fasilitas sarana dan prasarana yang dimiliki Pondok Pesantren Darul Falah :

  • Raudhotul Jannah ( RJ )

Merupakan salah satu fasilitas pondok yang disediakan bagi wali santri yang menjenguk putra atau putrinya. Didalamnya terdapat 28 kamar beserta tempat tidur yang telah disediakan, terdapat juga 2 aula yang disediakan bagi wal santri yang tidak mendapatkan kamar. Untuk logistik sendiri, petugas Roudhotul Jannah menyediakan makan 3 kali sehari.Dan bagi wali santri yang ingin memenuhi kebutuhan pribadi, tak perlu bingung karena Raudhotul Jannah juga menyediakan toko serbaguna yang menyediakan alat mandi, pakaian, makanan ringan, dan masih banyak lagi.

  • Hotel Raudhotul Muta’allimin ( RM )

Roudhotul Muta’allimin juga diperuntukkan bagi wali santri yang berkunjung untuk menemui anaknya. Namun berbeda dengan Roudhotul Jannah dari segi fasilitas dan pelayanan. Roudhotul Muta’allimin menyediakan sekitar 24 kamar yang didalamnya terdapat spring bed, TV LCD, kamar mandi pribadi, lemari, dan Air Conditioner ( AC ). Serta mendapat jatah makan gratis di café Arwana dengan menu-menu spesial.

  • Café ARWANA

Sebuah tempat makan yang disediakan untuk wali santri yang ingin memenuhi kebutuhan logistik. Menyediakan berbagai macam makanan seperti bakso, nasi goreng, ayam bakar sambil menikmati beragam varian kopi dengan nuansa ruangan yang klasik.

  • Paseban

Gedung Paseban atau gedung serbaguna yang digunakan sebagai tempat pagelaran acara PonPes Darul Falah, seperti seminar Amtsilati, rapat koordinasi, acara organisasi. Gedung Paseban juga dijadikan sabagai kelas Ma’had Aly Amtsilati.

  • Market Amtsilati

Merupakan pusat pembelanjaan yang ada di PonPes Darul Falah. Dengan tujuan memenuhi kebutuhan sehari-hari para santri. Market Amtsilati tak hanya menjual produk luar saja, melainkan juga menjual produk-produk buatan pondok, seperti air mineral Amtsilati Water, parfum, makanan ringan, baju muslim, kitab, kaos, dan seragam Amtsilati.

  • Pesanggrahan

Menjadi salah satu gedung utama di PonPes Darul Falah dalam kesehariannya gedung Pesanggrahan dijadikan sebagai aula tempat sholat serta mengaji dengan pengasuh setiap subuh dan maghrib. Gedung Pesanggrahan juga digunakan dalam pelaksanaan event akbar, diantaranya bedah buku pengasuh, Khitibah kubro, sholawatan bersama, dan wisuda Amtsilati.

  • Kedaton

Adalah salah satu taman Amtsilati yang juga menyimpan berbagai sejarah perkembangan Amtsilati mulai dari tahun ke tahun. Cocok menjadi salah satu spot foto karena didalamnya terdapat berbagai macam tanaman yang bervarian.Ada juga kolam renang sebagai sarana hiburan dan penghilang penat para santri setelah beraktifitas seharian.

  • Kantor Pusat Amtsilati

Kantor pelayanan informasi bagi wali santri maupun santri yang ingin bertanya seputar pondok Pesantren. Juga sebagai pusat pendaftaran santri baru (PSB).

  • Toko Bangunan Amtsilati

Menyediakan berbagai macam material pembangunan, seperti semen, keramik, cat, dan lain-lain yang diperuntukkan bagi semua kalangan.

  • Perpustakaan

Untuk membantu meningkatkan minat baca para santri, maka pondok menyediakan perpustakaan yang berisikan buku-buku sejarah, edukasi, motivasi, hikayat, dan masih banyak lagi.Perpustakaan juga menyediakan coffee shop untuk menemani pengunjung.

  • Mobil Pelayanan Tamu

Disediakan untuk memfasilitasi para tamu yang ingin berkeliling di sekitar pondok Pesantren, sehingga para tamu tidak akan merasa jenuh  dan tidak perlu

  • Amtsilati Water

Salah satu perusahaan Darul Falah yang memproduksi air mineral dalam kemasan. Dikelola langsung oleh Gus Rizki Al Mubarok sebagai CEO dan Founder CV Amtsilati Water serta dikaryawani oleh para santri. Amtsilati Water mengandung bacaan khatama Al Quran 30 juz – Mengandung Alkaline – Mengandung MICRO-CLUSTERED – Mengandung Anti Oxidant dan di produksi dengan RO & Leveluk. Selain dipasarkan di lingkup Pesantren juga melayani pemasaran produk ke berbagai daerah.

  • Mading & Koran

Menjadi pusat informasi para Santri demi meningkatkan pengetahuan seputar berita terkini. Selalu memberikan update berita melalui koran maupun majalah dinding yang membahas tema pendidikan, politik, dan lain-lain.

  • Pavilium

Menjadi pusat medis di PonPes Darul Falah, disana menyediakan berbagai macam obat juga tersedia kamar-kamar yang di peruntukkan bagi santri yang sakit. Pavilium di pondok tak hanya berjumlah satu saja, ada juga pavilium yang berada di tiap-tiap asrama, sehingga lebih memudahkan bagi santri yang sakit untuk meminta obat atau beristrahat.

  • Lapangan

Berbagai macam olahraga pastinya membutuhkan ruang atau tempat yang sekiranya olahraga itu bisa terlaksana dengan bebas tanpa ada hambatan. Lapangan di pondok juga tak hanya digunakan sebagai tempat olahraga saja melainkan juga berbagai kegiatan pondok, seperti upacara bendera, senam, dan event-event pondok.