Berita Pesantren

Amtsilati Football Championship : Upaya Pengembangan Bakat Santri dalam Sepak Bola

Amtsilati – Jepara
Sepak bola selalu menarik perhatian jutaan manusia di muka bumi ini. Di Indonesia sendiri, sepak bola menjadi salah satu cabang olahraga yang paling populer. Ia dimainkan di gang-gang kumuh, sawah, halaman sekolah, halaman madrasah, dan atap gedung di Jakarta oleh anak-anak kecil, sampai dimainkan pemain profesional di GBK.
Pondok Pesantren Darul Falah Amtsilati kembali menggelar turnamen sepak bola yakni AFC (Amtsilati Football Championship). Tahun sebelumnya Piala Presiden 2023 telah usai digelar, tim AW United berhasil keluar sebagai juara divisi senior, sedangkan Sundarese keluar sebagai juara divisi U-18. Event AFC ini ditujukan sebagai wadah untuk memenuhi minat para santri yang sangat besar terhadap sepak bola dan sebagai hiburan para santri disamping kegiatan yang padat.

AFC ini dibagi menjadi beberapa kontingen daerah, berikut pembagiannya :

  1. Jateng 1
    Kontingen : Pantura (Pantai Utara), Jepara, Demak, Pati, Kudus, Blora, Semarang, Purwodadi, Himsar (Himpunan Santri Amtsilati Rembang).
  2. Jateng 2
    Kontingen : Iksapba (Ikatan Santri Amtsilati Pekalongan Batang), Iksantrik (Ikatan Santri Amtsilati Kendal) Is The Best (Ikatan Santri Amstilati Tegal Brebes), Islams (Ittihad Santri Amtsilati Wonosobo, dan Insap (Ikatan Santri Amtsilati Pemalang)
  3. Jatim 1
    Kontingen : Basmalah (Barisan Santri Amtsilati Madura)
  4. Jatim 2
    Kontingen : ASEAN (Asosiasi Arek Jowo Wetan), Sidoarjo, Surabaya, Bojonegoro, Lamongan, Gresik Tuban, dan daerah jawa timur selain Madura).
  5. Jabar 1
    Kontingen : Peerdje ( Perkumpulan Rekan Jabodetabek), Jakarta, Bogor, Depok, Tanggerang, Bekasi, dan Iksaban (Ikatan Santri Amtsilati Banten).
  6. Jabar 2
    Iksas (Ikatan Santri Amtsilati Sunda), Kumacii (Kuningan, Majalengka, Cirebon, Indramayu, dan Pusaka (Purwakarta, Subang, Karawang).
  7. Luar Jawa 1
    Kontingen : Andalas (Aliansi Santri Amtsilati Sumatera) dan Insan (Ikatan Santri Amtsilati Kalimantan).
  8. Luar Jawa 2
    Kontingen : Iksalam (Ikatan Santri Amtsilati Lombok)

Opening Ceremonial AFC digelar pada Selasa, 25 Juni 2024 di Bani Taufiq Stadium. Acara dibuka dengan gemilang, dimulai dengan pemanggilan seluruh kontingen daerah yang akan bertanding dalam kompetisi ini. Suasana semakin meriah dengan pengibaran bendera Sang Saka Merah Putih dan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya serta Hymne Amtsilati, menggema di tribun yang penuh sesak oleh para penggemar sepak bola dari berbagai usia.

“Selamat dan sukses atas terselenggaranya AFC, dan selamat bertarung. Perlombaan adalah kompetisi, yang namanya kompetisi harus sportif” ujar Ust. Abdussalam selaku Ketua Umum Ponpes Darul Falah Amtsilati.
Acara pembukaan mencapai puncaknya dengan pelepasan balon ke udara oleh Ust. Abdussalam dan Ust. Agus Fuad Hamzani, yang menjadi simbol perdamaian dan semangat kompetisi yang sehat di antara para peserta AFC.

Laga pembuka pada ajang AFC mempertemukan Luar Jawa 2 VS Jawa Timur 1 dari divisi senior grup A. Pertandingan dipimpin oleh wasit Ust. Fajrul Falah. Pertandingan berlangsung sengit, babak pertama jual beli serangan terjadi, namun menit akhir babak pertama Jawa Timur 2 berhasil mencetak 1 gol lewat sepakan Ust. Nasihuddin. Babak kedua Jawa Timur 2 kembali mendominasi jalannya pertandingan, Luar Jawa 1 hanya menunggu momen untuk melakukan counter attack. Skor 1-0 bertahan sampai peluit panjang tanda pertandingan berakhir.

Seiring dengan senja yang mulai merayap, para santri kembali ke asrama dengan harapan besar untuk melihat perkembangan turnamen ini. AFC bukan sekadar ajang kompetisi, tetapi juga merupakan bagian dari upaya Ponpes Darul Falah Amtsilati untuk menghasilkan generasi santri yang unggul, tidak hanya dalam keilmuan agama tetapi juga dalam bidang olahraga yang dapat membawa nama baik untuk masyarakat luas.