Berita Pesantren

Semarak Idul Adha : Pondok Pesantren Darul Falah Amtsilati Sembelih 71 Ekor Kambing dan 2 Ekor Sapi

Jepara – Amtsilati Pusat
Senin, 17 Juni 2024

Pondok Pesantren Darul Falah Amtsilati ikut meramaikan hari raya Idul Adha 1445 H dengan menyembelih 71 ekor Kambing, dan 2 ekor Sapi. Idul Adha tahun ini bertepatan pada tanggal 17 Juni 2024 / 10 Dzulhijjah 1445 H.
Donatur hewan kurban terdiri dari santri, pengurus, dan wali santri.
Pagi hari Senin, 17 Juni 2024, sholat Idul Adha dilaksanakan di Gedung Pesanggrahan. Seluruh santri dan pengurus hadir dalam sholat Idul Adha yang dipandu oleh Ust. Alan, dengan bilal oleh Ust. Labib Yahya, imam oleh Ust. Zamzam, dan khotib dipimpin oleh Ust. Rikza Kurnia. Dalam khotbahnya, Ust. Rikza Kurnia menyampaikan, “Idul Adha ini sebagai momen kebersamaan, dan kurban sebagai sifat kepedulian sosial, kepedulian kepada orang lain.”

Usai sholat Idul Adha, seluruh santri dan pengurus saling bermushofahah hingga barisan paling akhir. Suasana kebersamaan semakin terasa dengan kumandang takbir yang menggema, “Allahu Akbar Allahu Akbar Allahu Akbar, Allahu Akbar Wa Lillah Ilham.”

Prosesi penyembelihan hewan kurban nantinya akan dilaksanakan selama 3 hari-berturut oleh panitia kurban. Ada yang bertugas menyembelih, menguliti, dan memotong daging. Para santri sangat antusias menyaksikan proses ini. Daging kurban tersebut akan dialokasikan ke dapur pondok untuk kemudian dibagikan kepada santri. Salah satu agenda yang ditunggu-tunggu oleh santri adalah acara nyate bersama, dimana mereka bergotong-royong membuat bumbu dan memanggang sate.

“Alhamdulillah kurban pada tahun kali ini berjumlah 73 ekor, dengan rincian 71 ekor Kambing dan 2 ekor Sapi dari pihak santri dan wali santri yang sangat antusias. Kami sangat berterima kasih kepada santri, wali santri, alumni, dan seluruh pihak yang sudah mempercayakan hewan kurbannya kepada kami. Semoga dengan Idul Adha tahun ini bisa menjadikan wasilah menuju surga-Nya” ujar Ust. Fajrul Falah selaku ketua panitia Amtsilati ber-kurban.

Dua hari sebelum Idul Adha, santri Ponpes Darul Falah Amtsilati diwajibkan untuk berpuasa Tarwiyah (8 Dzulhijjah) dan Arafah (9 Dzulhijjah). Sebagaimana dalam hadits, puasa pada hari Tarwiyah dapat menghapus dosa setahun, dan puasa hari Arafah dapat menghapus dosa dua tahun.

صوم يوم التروية كفارة سنة وصوم يوم عرفة كفارة سنتين
Artinya, “Puasa hari Tarwiyah dapat menghapus dosa setahun. Puasa hari Arafah dapat menghapus dosa dua tahun,” (HR Abus Syekh Al-Ishfahani dan Ibnun Najar).

صوم يوم عرفة يكفر سنتين ماضية ومستقبلة وصوم يوم عاشوراء يكفر سنة ماضية
Artinya, “Puasa hari Arafah dapat menghapuskan dosa dua tahun yang telah lepas dan akan datang, dan puasa Asyura (tanggal 10 Muharram) menghapuskan dosa setahun yang lepas” (HR Muslim).

Semoga seluruh hewan kurban yang telah disembelih menjadi amal sholeh bagi yang berkurban. Semoga kita semua dapat terus meningkatkan amal ibadah dan kepedulian kita terhadap sesama.