Berita Pesantren

Muharram Fest 2024 di Pondok Pesantren Darul Falah Amtsilati: Menyambut Tahun Baru Islami dengan Refleksi dan Resolusi Diri

Pondok Pesantren Darul Falah Amtsilati akan mengadakan acara Muharram Fest dengan tema “Menyambut Tahun Baru Islami dengan Refleksi dan Resolusi Diri”. Acara ini akan berlangsung dari tanggal 6 Juli hingga 8 Juli 2024, dengan rangkaian kegiatan yang penuh makna dan inspiratif.

6 Juli 2024: Ziarah Kubro dan Pembukaan Muharram Fest

Pada sore hari tanggal 6 Juli, para santri berbondong – bondong berangkat ke makam Mbah Supar dan Mbah Aminah, orang tua dari KH Taufiqul Hakim untuk melakukan ziarah kubro. kegiatan dilanjutkan dengan pembacaan doa akhir tahun. Para santri duduk dengan khusyuk, merenungkan perjalanan hidup selama setahun terakhir sambil memohon ampunan dan keberkahan untuk tahun yang akan datang.

Pada malam harinya, acara pembukaan Muharram Fest akan digelar dengan pembacaan doa awal tahun. Acara ini juga akan diisi dengan seminar peristiwa Muharram yang dibawakan oleh Ust. Alan, Ust. Aftin, dan Ust. Faza Wirda di Pesanggrahan. Para pembicara menyampaikan materi dengan penuh semangat, menggugah semangat para santri untuk lebih mendalami makna dan hikmah dari peristiwa Muharram. Seminar ini diharapkan dapat memberikan wawasan baru dan memperkaya pengetahuan para santri.

7 Juli 2024: Perpustakaan Terbuka, Bazar, dan Turnamen Badminton

Tanggal 7 Juli akan diwarnai dengan berbagai kegiatan menarik. Perpustakaan terbuka diselenggarakan untuk memberikan kesempatan kepada para santri dan masyarakat untuk memperdalam ilmu pengetahuan. Selain itu, akan ada bazar yang menjual berbagai macam produk lokal dan makanan yang bisa dinikmati oleh para pengunjung.

Tak hanya itu, turnamen badminton akan digelar di lapangan asrama Illiyyin. Sorak-sorai penonton yang memberikan semangat semakin memeriahkan suasana. Kegiatan ini tidak hanya menjadi ajang kompetisi, tetapi juga mempererat tali persaudaraan di antara para peserta..

8 Juli 2024: Puncak Acara dan Penutupan Muharram Fest

Pada tanggal 8 Juli, Muharram Fest akan mencapai puncaknya dengan berbagai kegiatan yang sangat dinantikan. Pembagian hadiah akan menjadi salah satu momen yang paling ditunggu-tunggu oleh para peserta. Setelah itu, acara penutupan Muharram Fest akan dilaksanakan dengan penuh suka cita.

Sebagai penutup, malam sejarah Islam akan digelar untuk mengenang perjalanan dan perjuangan umat Islam dari masa ke masa. Acara ini diharapkan dapat menambah kecintaan dan semangat para santri serta masyarakat dalam mengamalkan ajaran Islam.