Berita Pesantren

Pondok Pesantren Darul Falah Amtsilati Ramai Dikunjungi Lembaga dan Pesantren Menjelang Tahun Baru 2024

Jepara, Kamis, 28 Desember 2023 – Menjelang pergantian tahun ke 2024, Pondok Pesantren Darul Falah Amtsilati menjadi tujuan utama beberapa lembaga dan pesantren dari berbagai daerah. Pada Desember ini, sudah empat lembaga yang telah melakukan kunjungan untuk mengenal lebih jauh tentang Amtsilati dan sowan Pengasuh K.H. Taufiqul Hakim.

Pada tanggal 8 Desember 2023, Jam’iyyah Perempuan Pesantren dan Mubalighah (JPPPM) dari Jambi tiba dengan rombongan 47 laki-laki dan 27 perempuan dalam kunjungan mereka. Tujuan utama kunjungan ini adalah untuk memahami lebih dalam Metode Amtsilati.

Berlanjut pada tanggal 14 Desember 2023, Yayasan Darul Hikmah Kec. Bandar Kab. Batang Jawa Tengah turut datang dengan 20 laki-laki dan 15 perempuan. Fokus kunjungan adalah sowan kepada Pengasuh K.H. Taufiqul Hakim.

PPTQ Daarul Hufaazh Kec. Batujaya Kab. Karawang Jawa Barat, menyusul pada Rabu pagi, 20 Desember 2023, dengan rombongan sebanyak 99 laki-laki dan 51 perempuan berusia SMP-SMA (11-17 Tahun). Mereka tertarik untuk mengetahui lebih lanjut tentang Amtsilati.

Kemudian, pada Senin, 25 Desember 2023, Pondok Pesantren Barokatul Ishlah Tanjung Jabur Timur Jambi Sumatera Tengah, tiba dengan 26 laki-laki, 13 perempuan, 15 guru, dan dzurriyyah untuk berkunjung.

Sesi acara kunjungan diisi dengan demonstrasi Amtsilati, Tasawwuf (Akhlaq), Bahasa Arab dan Inggris, serta Pasca Amtsilati.

Dalam setiap kunjungan, Abah Yai K.H. Taufiqul Hakim tidak hanya memperkenalkan Amtsilati, tetapi juga mengenalkan karya terbarunya, Metode Mausu’ati, sebagai kelanjutan dari Metode Amtsilati. Kitab Mausu’ati ini membahas kaidah bahasa Arab dan nahwu.

Harapannya, melalui kunjungan antar pondok pesantren ini, dapat memperkuat silaturrahmi dan transfer keilmuan antar pesantren. Hal ini diharapkan dapat menjaga eksistensi keilmuan pesantren hingga yaumil qiyamah.