Artikel Pesantren

Setelah membaca ini, masihkah tega untuk menyakiti ibu?

Kasih sayang merupakan kelembutan dan perasaan halus dalam hati nurani yang menjadikan seseorang lemah lembut terhadap sesama, membantu mengurangi kesedihan dan penderitaan orang lain. Kasih sayang adalah hal dirasakan oleh setiap individu, karena setiap manusia membutuhkan kasih sayang, terutama dari orang tua mereka. Kasih sayang orang tua memiliki kedalaman yang tidak terbandingkan dengan yang lain.

Memberikan kasih sayang kepada ibu memiliki nilai yang lebih tinggi hingga tiga kali lipat dibandingkan dengan ayah. Ungkapan “Surga di telapak kaki” bukanlah secara harfiah surga berada di bawah telapak kaki ibu, melainkan menyimbolkan kekuatan dan keridhaan ibu, yang merupakan ridha Allah. Jasa kedua orang tua tidak tergantikan oleh apapun, bahkan tindakan seperti tawaf sambil menggendong ibu tidak sebanding dengan jeritan saat melahirkan. Perhatian ibu kepada anaknya lebih besar karena peran pentingnya dalam kelahiran, kehamilan, menyusui, serta pendidikan anak.

Kecintaan seorang ibu kepada anaknya sangat besar, namun sayangnya banyak anak yang mengabaikan hak-hak ibu mereka. Bukti kasih sayang seorang ibu adalah ketika anak sakit atau tertimpa musibah, ibu akan melupakan segala ketidakpatuhan anak terhadapnya. Oleh karena itu, kita tidak boleh menyia-nyiakan orang tua selama mereka masih hidup, dan harus berusaha memenuhi hak-hak mereka serta berbakti kepada keduanya. Berbakti kepada orang tua bisa dilakukan dengan berbagai cara, termasuk membacakan shalawat dan istighfar untuk mereka, menghormati teman-teman mereka, serta menjalin silaturahmi yang berhubungan dengan orang tua. Semoga Allah senantiasa memberkahi orang tua kita, baik di dunia maupun di akhirat. Aamiin.